Berita

4 Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Selama Bulan Ramadhan di Pontianak

21 Juni 2015




Ramadhan sebagai bulan penuh berkah yang menyapa umat Islam diseluruh dunia menghadirkan nuansa tersendiri di setiap daerah tertentu, tak terkecuali di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Nuansa khas tersebut terasa menyatu dengan kehidupan sosial masyarakatnya, menjadikan #ramadhandipontianak semakin syahdu dan dirindu. Pontinesia merangkum 4 hal menarik yang cuma bisa kamu temukan selamah bulan Ramadhan di Pontianak #ramadhandipontianak.

1. PASAR JUADAH



Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari suasana #ramadhandipontianak adalah kehadiran Pasar Juadah. Meskipun disebut sebagai pasar, namunJuadah bukanlah sebuah tempat yang menyediakan semua jenis kebutuhan, layaknya pasar-pasar pada umumnya. Lebih tepatnya, Pasar Juadah adalah tempat dimana sekumpulan pedagang kuliner (makanan dan minuman) berjualan pada suatu lokasi tertentu sehingga Pasar Juadah tersebar di berbagai daerah di Kota Pontianak. Umumnya, aktivitas Pasar Juadah dimulai dari pukul 13.30 hingga menjelang waktu berbuka puasa. Aneka kuliner khas Pontianak (caikue, lemang, bingke berendam, bubur pedas, es lidah buaya dan lain sebagainya) maupun kuliner nusantara tersedia di Pasar Juadah ini.

2. SOTONG PANGKONG


Satu lagi yang khas dari #ramadhandipontianak. Kehadiran "Sotong Pangkong". Sotong Pangkong adalah jenis makanan tradisional khas Pontianak berupa cumi/sotong kering yang dibakar.Pengolahannya pun unik.Setelah dibakar,cumi atau sotong dipukul - pukul menggunakan palu dengan tujuan agar gurih dari cumi/sotong dapat terasa. Di Pontianak, istilah "Pangkong" berarti dipukul.Rasa Sotong Pangkong tergolong gurih dengan bumbu, saus cabe serta cuka yang khas sehingga rasanya lengkap dari manis, asin, gurih dan pedas.Cita rasa Sotong Pangkong tentu menggoda selera.

3. KERIANG BANDONG


Momen bulan Ramadhan seakan menjadi oase tersendiri di tengah hiruk pikuk arus modernisasiini.Sejak beberapa tahun belakangan, #ramadhandipontianak disemarakkan dengan digelarnya kembali tradisi Keriang Bandong di malam Ramadhan saat menyambut liburan puasa atau malam ke-21 Ramadhan dengan menyalakan obor yang dibuat dari bambu kecil lalu diberi sumbu.Tradisi ini dikemas dalam event Festival Keriang Bandung yang pertama kali dibangkitkan kembali oleh komunitas Anak Mude Budaya Melayu pada tahun 2012.Festival Keriang Bandong menarik peminat dari berbagai kalangan masyarakat, baik pelajar, mahasiswa, pejabat pemerintah hingga kalangan pengusaha.

4. FESTIVAL MERIAM



Festival Meriam Karbit adalah sebuah festival yang dilaksanakan di Kota Pontianak, tepatnya di pesisir Sungai Kapuas.Festival ini biasanya dilaksanakan beberapa minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri hingga menuju puncaknya pada malam takbiran. Adanya festival yang bermula dari tradisi masyarakat Melayu Pontianak ini juga menjadikan #ramadhandipontianak memiliki warna tersendiri. Pada tahun 2008, Museum Rekor Indonesia (MURI) pernah mencatat Festival Meriam Karbit Pontianak sebagai parade meriam karbit terbanyak.Event inimenjadi event budayatahunan yang digelar oleh Forum Komunikasi Tradisi Meriam Karbit Seni dan Budaya Pontianak.




Top
Top