Berita

Dari Komunitas Hingga Business Company Ambil Bagian dalam Pesona Kulminasi Matahari 2017

26 September 2017


Foto: @wiardika, @irvansyahnovan

Fenomena Kulminasi Matahari di Kota Khatulistiwa, Pontianak, yang terjadi pada bulan Maret dan September ini menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran, ratusan masyarakat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara tumpah ruah dan rela menantang terik matahari. Bulan September ini merupakan satu diantara 2 bulan terjadinya Kulminasi Matahari di Kota Pontianak.


Gelaran pariwisata ini, dilaksanakan pada 21-23 September 2017 (pukul 10.00-17.00 wib) bertempat di kawasan Tugu Khatulistiwa (Khatulistiwa Park), Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Selain menjadi momen tanpa bayangan (sekitar pukul 11.35 WIB), detik-detik kulminasi ditandai dengan pertunjukan sains dimana saat momen kulminasi tersebut telur ayam dapat berdiri tegak saat diletakkan.

Foto: @disporapar_pontianak

Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata mengemas fenomena unik ini dalam event bertajuk Pesona Kulminasi Matahari. Penampilan tarian tradisional dan modern memberikan warna tersendiri dalam festival tersebut. Beberapa sanggar yang berpartisipasi antara lain: Sanggar Kijang Berantai, Bougenville, IKANMAS Universitas Tanjungpura serta Sanggar Tari Administrasi Bisnis. Selain tarian, ada juga penampilan musik dari Fery Sape, IKANMAS Universitas Tanjungpura dan Angklung Svaragita Orchestra. Festival ini semakin unik dengan pertunjukan sulap dari Komunitas Magic Kalimantan Barat.

Foto: @synatriaeddy_2, @depepea, @tandwiel

Event ini yang dikemas dalam bentuk festival ini semakin menarik dengan keterlibatan berbagai komunitas hingga business company. Sebut saja, Enggang Drone Community Kalimantan Barat yang menggelar workshop mini tentang pengambilan dokumentasi udara menggunakan drone, Drone Toys Game, Photo Selfie Contest dan Community Gathering. Ada juga lomba permainan tradisional yang dipersembahkan oleh Kampoeng Hompimpa Pontianak, komunitas yang focus padaa pelestarian permainan tradional : Bermain-Belajar-Lestarikan! Tak ketinggalan partisipasi dari salah satu perusahaan maskapai penerbangan, Xpress Air yang menawarkan promo tiket menarik saat event berlangsung.

Pesona Kulminasi Matahari ini merupakan event yang sangat potensial untuk memperkuat daya tarik pariwisata baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, tentu perlu kolaborasi yang berkelanjutan baik dari pemerintah, swasta hingga masyarakat agar dalam pelaksanaan event unggulan Kota Khatulistiwa ini semakin baik dari masa ke masa.




Top
Top