Berita

Taman Arboretum Untan dan Taman Plaza Untan, Kian Mempercantik Kota Pontianak

8 Oktober 2017



Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus berbenah memperluas ruang terbuka hijau dalam rangka penataan wilayah kota. Setelah sukses membangun Taman Digulis, kini Pemkot tengah melanjutkan pembangunan dua taman yang juga masih berada di kawasan Universitas Tanjungpura (Untan), yakni Taman Arboretum dan Taman Plaza. Kedua taman ini masing-masing berlokasi di depan Pos Polisi Bundaran dan bersebelahan dengan Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak.


Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan bahwa pengerjaan kedua taman ini direncanakan akan selesai akhir tahun 2017 ini, kalau pun terlambat pembangunannya, hanya akan tersisa sedikit bagian yang harus dikerjakan tahun depan. Taman ini rencananya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti: tempat bermain catur, skatepark atau tempat bermain skateboard, lapangan basket, taman bunga dan informasi sejarah pahlawan daerah dalam bentuk relief, terutama tentang sejarah pahlawan yang diabadikan sebagai Tugu Digulis.


Fasilitas lainnya adalah akan dibangunnya jembatan untuk akses dari Taman Arboretum ke Taman Plaza. Nantinya, para pengunjung dapat yang melintas atau sekadar menikmati pemandangan dari atas jembatan. Selain dalam rangka penataan kawasan Kota Pontianak, pembangunan taman-taman ini tentu dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan masyarakat.
"Saya maunya ruang-ruang publik itu dibuat dengan kenyamanan. Nanti juga akan ditambah dengan wahana permainan anak-anak. Fasilitas taman untuk balita dan anak-anak itu masih kurang. Kami mau lihat space nya di mana, supaya mereka aman dan nyaman," ujar Sutarmidji.
Pembangunan kedua taman ini menelan dana total sebesar Rp 6,1 miliar, dengan rincian masing-masing Rp 4,3 Miliar untuk Taman Plaza Untan dan Rp 1,8 Miliar untuk Taman Arboretum. Bang Midji, sapaan akrabnya juga mengungkapkan jika dibandingkan dengan biaya pembuatan, biaya perawatan jauh lebih mahal. Namun demikian, taman memang jadi hal penting demi kenyaman dan kebahagiaan warga kota.

Yok, same-same kite jage hasil pembangunan kote, untuk kote Pontianak yang lebih maju. Pontianak, Luar Biase!

Sumber Gambar : Bang Midji (Facebook)




Top
Top