Berita

1 Jam Bersama Buku, Aksi Nyata Memaknai Hari Pendidikan Nasional

3 Mei 2016


Pendidikan adalah proses pembudayaan dan merupakan suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan. Memaknai Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2016 lalu, sekumpulan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi non profit Aksi Sedekah Pendidikan (ASP) ini melakukan sebuah selebrasi "1 Jam Bersama Buku" yang di selenggarakan di Taman Digulist Untan.


Kegiatan sempat terkendala dikarenakan hujan yang turun, namun tidak membuat kegiatan berhenti, dihadiri oleh Bapak Wakil Wali Kota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT, Beliau mengapresiasi dan mendukung aksi ini untuk terus dilakukan, dalam dukungannya mengatakan, ini bentuk kepedulian anak-anak muda terhadap isu pendidikan yang ada disekitar dan jangan pernah berhenti mengajak anak-anak untuk terus belajar. Harapan beliau kedepan adakan terus kegiatan yang kreatif dengan melakukan aksi nyata memaknai begitu pentingnya pendidikan.

Dikutip dari salah satu akun sosial media ASP, kegiatan yang sudah direncanakan dari jauh hari ini teman-teman ASP juga sudah melakukan roadshow pendidikan salah satu SMP yang ada di Pontianak dengan membawa misi Hari Pendidikan Nasional kepada siswa-siswa bahwa nilai-nilai luhur dari pendidikan itu dapat selalu diajarkan ditengah yang zaman yang semakin maju, jati diri pendidikan harus tetap diletakkan di atas pondasi integritas dan akhlak yang mulia. Pada rentang waktu yang lalu ASP juga memberikan kesempatan kepada anak-anak muda yang berminat untuk bergabung menjadi volunteer Aksi Sedekah Pendidikan.

Aksi yang diselenggarakan ini mengajak warga Pontianak khususnya, untuk menyumbangkan buku-buku-buku bacaan yang nantinya oleh teman-teman komunitas ASP untuk disumbangkan atau dibagikan kepada adik-adik yang membutuhkan di beberapa titik di Kalimantan Barat dari tanggal 2-9 Mei 2016 nanti. Diiringi hujan yang turun turut Perkusi Kontemporer meramaikan kegiatan ini. Acara yang juga ditutup oleh Bapak Wakil Wali kota secara simbolis pemberian langsung buku-buku dan alat-alat tulispada adik-adik yang datang dan foto bersama pada booth yang disediakan.


"Memberi sendiri itu baik. Tapi, memberi bersama-sama itu langkah terbaik".
- Indra Dwi Prasetyo - Aksi Sedekah Pendidikan (ASP) -




Top
Top